You are here : Home Global Village Rajaratnam School of International Studies Barry Desker SEKAWAN's TB Resmi Bekerja Sama dengan RS Paru Jember dalam Kegiatan FOKUS SOBAT

SEKAWAN's TB Resmi Bekerja Sama dengan RS Paru Jember dalam Kegiatan FOKUS SOBAT

Oleh : Zetiawan Trisno (Ketua Fokus Sobat)/Fellow LEAD Indonesia 2019 Kategori Pendampingan Pasien TBC

Senin, 6 Januari 2020 merupakan hari yang penting bagi SEKAWAN's TB. SEKAWAN's TB di dalam mengemban amanah sebagai pendamping pasien TB (khususnya TB Resisten Obat) telah resmi menjalin kerja sama dengan RS Paru Jember. Dokumen Kerjasama tertuang dalam SPK no. 440/599/102.6/2020 cc 002/SKW/I/2020 tentang Kerjasama Bidang Pendampingan, Pengawasan FOKUS SOBAT dan Pelacakan Pasien Mangkir Pengobatan TB Resisten Obat/ Multidrug Resisten di wilayah kerja RS Paru Jember.

RS Paru Jember adalah UPT di bawah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang memiliki fungsi sebagai rumah sakit sub rujukan pasien TB Resisten Obat (RO) di Jawa Timur (bagian timur). RS Paru Jember telah membuka ruang kerjasama dengan SEKAWAN'S TB, organisasi dari perkumpulan mantan penderita TB RO yang telah sembuh dari perawatan di RS Paru Jember.

Ruang lingkup kerja sama ini adalah terkait kegiatan  pendampingan, pengawasan, FOKUS SOBAT, dan pelacakan pasien TB RO/Multidrug Resisten di wilayah kerja RS Paru Jember meliputi Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Pendampingan dilakukan baik pada pasien TB RO yang baru maupun yang sedang menjalani pengobatan mangkir/putus obat.

Dalam perjanjian kerjasama ini, Direktur RS Paru Jember dr. Nur Siti Maimunah, M.Si secara langsung siap mendukung pembiayaan dalam program kegiatan kunjungan rumah dan FOKUS SOBAT tahun 2020. Total anggaran yang diberikan sekaligus masuk ke dalam program kerja dan kegiatan UKM RS Paru Jember mencapai Rp.33.200.000 (Tiga Puluh Tiga Juta Dua Ratu Ribu Rupiah) yang bersumber dari subsidi pajak rokok.
"Hari ini merupakan hari yang penting bagi saya dan SEKAWAN's TB. Saya di dampingi Mas Zetiawan Trisno selaku pembina SEKAWAN'S bertemu kembali dengan Direktur RS Paru Jember setelah beberapa bulan yang lalu kami bertemu. Kali ini kami mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui RS Paru Jember untuk ikut dalam upaya penanggulangan TB RO, khususnya dalam pendampingan pasien. Ini juga akan menjadi semangat bagi saya dan kawan-kawan di SEKAWAN's TB untuk berjuang, mengabdi, dan menabur kemanfaatan bagi masyarakat, khususnya SOBAT (pasien TB Kebal Obat)," tutur Zaini selaku Ketua SEKAWAN's TB.
Dok. Pribadi/Zetiawan Trisno

Dengan kerja sama ini semoga semakin menyakinkan publik dan stakeholder, khususnya Jawa Timur (daerah timur) terkait perjuangan, eksistensi, serta kepedulian SEKAWAN'S TB dalam mendorong upaya penanggulangan TB RO nasional, khususnya Jawa Timur (bagian Timur).