You are here : Home GlobalVillage Rajaratnam School of International Studies Barry Desker Sinergi Layanan Pengobatan Pasien TBC Resisten Obat

Sinergi Layanan Pengobatan Pasien TBC Resisten Obat

Oleh : Zetiawan Trisno (Ketua Fokus Sobat)/Fellow LEAD Indonesia 2019 Kategori Pendampingan Pasien TBC

 

Satu lagi pasien TBC Resisten Obat berhasil ditemukan di Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Pasien ini memang memiliki keluarga dengan riwayat TBC. dPengobatan TBC Resisten Obat atau banyak dikenal dengan istilah TBC MDR (Multi Drug Resistant) membutuhkan sebuah upaya bersama yang terkolaborasi secara terpadu. Upaya ini diwujudkan melalui transfer ilmu dan keterampilan melalui kegiatan OJT atau On the Job Training Pengobatan TBC Resisten Obat.

Kegiatan ini dilakukan oleh TIM TBC MDR RS Paru Jember (dokter, apoteker, perawat, tenaga penyuluh, dan konselor) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dan Puskesmas Sumbermalang Situbondo. Kegiatan ini bertujuan agar Puskesmas Sumbermalang dapat mandiri dalam melakukan tata laksana pengobatan TBC resisten dengan metode baru yakni Short Therapy Regimenatau pengobatan jangka pendek. Harapannya, agar dapat meningkatkan keberhasilan pengobatan dan mencegah pasien putus berobat serta menularkan ke sekitarnya.

"Acara ini saya nilai begitu bermanfaat, tentu ini membantu Puskesmas dalam menanggulangi TBC MDR dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, bahkan sekarang lebih luas informasi terutama terkait upaya pencegahan penularan infeksi di layanan kesehatan kami,” ujar Hari selaku Kepala Puskesmas.

Acara ini dihadiri oleh 35 orang yang terdiri dari perawat rawat inap, rawat jalan, IGD,  serta petugas lapangan. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Supervisor TBC Dinas Kesehatan, Ibu Ririn beserta stafnya. Semoga acara ini bermanfaat, barokah, serta mampu memberikan sumbangsih dalam upaya penanggulangan TBC Resisten Obat di Jawa Timur (bagian timur).

 

#leadindonesia2019 #BakrieCenterFoundation #rsparujemberprovjatim

#LeadForAll
Lead Indonesia 2019