You are here : Home

TB Care Aisyiyah Sulawesi Selatan Maksimalkan Keterlibatan Masyarakat dalam Penanggulangan TBC

Oleh : Wahriyadi (Koordinator TB Care Aisyiyah Sulsel/Fellow LEAD Indonesia 2019 Kategori Pendampingan Pasien TBC)

 

 

Community TB Care Aisyiyah Sulawesi Selatan (Sulsel) terus bergerak menggalang dukungan masyarakat dalam penemuan dan pendampingan kasus Tuberculosis (TBC). Upaya tersebut terus dilakukan untuk dapat menekan angka kasus TBC di Sulsel, khususnya di Makassar yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan.

 

Baru-baru ini, TB Care Aisyiyah Sulsel mengadakan pelatihan dan peningkatan kapasitas Relawan TBC dan diikuti oleh 14 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa Puskesmas diantaranya Tamangapa, Jongaya, Tamalate, Kapasa, Tabaringan, dan Makkasau. Kegiatan pelatihan sendiri digelar di Gedung Aisyiyah Kota Makassar, Jl. Landak Baru, Sabtu (28/12) lalu.

 

Koordinator Program TB Care Aisyiyah, Wahriyadi menuturkan bahwa kegiatan tersebut menjadi bagian dari tindak lanjut Impact Forum Lead Indonesia 2019 yang dilaksanakan Bakrie Centre Foundation. Melalui program Lead Indonesia 2019, SR TB Care Aisyiyah Sulsel diamanahkan untuk memperluas gerakannya dengan menambah wilayah dampingan Puskesmas

 

Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Makassar dalam hal ini Wasor TB, Sherly Natar menyatakan apresiasinya terhadap langkah yang dilakukan TB Care Aisyiyah. Baginya, kehadiran relawan dan ataupun kader sangat dalam menanggulangi TBC.

 

"Aisyiyah sangat membantu Dinas Kesehatan dalam penemuan kasus dengan kader dan juga dengan adanya pelatihan relawan ini kontribusinya semakin nyata ke depan," tuturnya.